the one about america

Dari kecil, gw tumbuh dengan buku-buku dan film tentang Amerika, no wonder till now everything about America is never fail to amaze me. Semalem gw diundang ke grand opening @america (baca: at America) di Pacific Place Mall. Apakah @america itu?

@america adalah sebuah cultural center milik Kedutaan Amerika. Layaknya pusat budaya, di sini menampilkan segala sesuatu tentang negara tersebut. Mulai dari sejarah, pengetahuan tentang Amerika, dan what’s hot di negeri Paman Sam tersebut. Persis seperti CCF (Prancis), Erasmus Huis (Belanda), Instituto Italiano (Itali), Goethe Institut (Jerman) dan pusat kebudayaan lainnya, @america juga dilengkapi sebuah auditorium (meskipun tidak sebesar milik Goethe) yang dapat menampung kurang dari seratus orang.

Apa yang unik dari pusat kebudayaan Amerika pertama di dunia ini? Pertama, target marketnya lebih ke anak muda, jadi ruangan didesain sedemikian rupa. Sangat hip! Kedua, pusat kebudayaan ini menggunakan teknologi canggih. Jadi instead of conventional library, they applied e-library yang bisa diakses melalui iPad yang bisa dipinjam di counter!! Whossaaahh…that is so cool! :)


Selain itu, pengunjung juga bisa mengakses sejarah Amerika dari navigator touch screen yang disediakan. Trus bisa mengakses Google Earth dari layar raksasa. Dan yang paling cool adalah 3D Map yang membuat lo merasa kayak Tony Stark lagi berkutat dengan computer 3D-nya. Di sini, visitors juga bisa skype-an dengan mahasiswa atau US citizen di US sana trus bisa membahas isu-isu yang sedang hangat dengan native speaker. Ada pula interaktif games yang dipersembahkan oleh Microsoft. Sounds cool eh?


Sayang, tempatnya menurut gw cukup sempit. Dan layaknya properti milik Amerika, pengamanannya cukup sangar jadi membuat tempat ini keliatan gak friendly. Padahal security yang dipekerjakan bukan orang kedutaan lho, tapi tetep aja kesan sangar dan arogannya berasa. Atau mungkin karena semalam ada duta besarnya jadi pengamanan cukup ketat? We’ll see. Yang jelas kata orang @america-nya, mereka udah berusaha sebisa mungkin buat bangun image friendly.

Akhirnya ada alasan bagi gw buat betah berlama-lama di Pacific Place. Selama ini kesana cuma buat makan di Ta Wan atau nonton film doang. Hehehe. Outlet @america bisa ditemukan di lantai 3, persis sebelahan dengan counter ATM BCA. Have fun!

More info, visit http://www.atamerica.or.id

Advertisements

2 comments

  1. ooh…. kirain elu ngetwit @amerika itu account twitter punya siapa gitu heuheuheu

  2. Ih, keren… kita mestinya ke sana rama2 yuk *#kampungan #serasapiknik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: