“Salamnya: Salam Kompak!”

Ini gara-gara postingan Smita tentang kaset dan request radio jaman dulu, gw jadi inget jaman keemasan jadi tukang request dan kirim lagu via radio. Mungkin hal ini juga yang membuat gw pengen jadi penyiar radio paruh waktu jaman masih kuliah.

Tumbuh di kota kecil seperti Tulungagung, Jawa Timur, stasiun radio yang mewadahi anak MTV kayak gw ini sedikit sekali. Hampir gak ada malah. Dari sekian banyak stasiun radio, mayoritas lagu yang sering diputar adalah lagu dangdut atau lagu daerah. Sebagai anak yang tumbuh dengan MTV-via-parabola, hal itu jadi siksaan yang besar.

Untungnya di beberapa sesi, radionya suka baik bikin acara Top 40 atau lagu-lagu Barat. Nah di jam-jam prime time gini biasanya gw suka request. Karena acara seperti ini sangat jarang, maka penggemarnya membludak pasti. Susah banget mau masuk. Tapi pastinya gak patah arang.

Acara biasanya mulai dari jam 8-10 malam. Kalo udah gini, suka duduk di deket telpon semacam operator. Bokap-nyokap sih udah paham. Tapi karena hampir setiap hari begitu, akhirnya dilarang dan mulai lah nyolong-nyolong. Apalagi telpon waktu itu dikunci dan gak ada tombol redialnya. Mau mati gak sih? =)))

Setelah dipersulit seperti ini apakah gw menyerah? CHENCHU CHIDHAK! Dengan berbekal radio portabel nenek gw (iya, NENEK gw) ngacirlah bocah gendut SMA ini ke satu-satunya telepon umum di desa itu yang terletak di……

….kantor kelurahan.

Jangan bayangin kantor desanya rame kayak di Jakarta. Sepi abis. Mana belakangnya kebon bambu yang (pastilah) angker. Tapi entah jaman dulu kenapa berani-berani aja demi request lagu…….Inilah Cinta – ME. #palmface

Demi eksistensi sih ya. Hahahaha.

Itu sih jaman awal-awal kelas 1 SMA. Kalo kelas 3 SMA beda lagi. Pesawat telpon rumah udah diganti wireless. Jadi bisa telpon dari kamar. Tapi stasiun radio di Tulungagung mulai bukan selera gw. Isinya penuh sama lagu Indonesia. Nah suatu ketika, ada radio baru. Anak muda banget lah. Ke-Prambors-Prambors-an gitu deh.

Tapi lokasinya adalah di Wlingi, Blitar. Sekitar dua jam dari kota gw.

Yang artinya….
Telponnya…
Interlokal….

Lebih ngeheknya, sesi request ada mulai dari jam 1-3 siang. JAM INTERLOKAL MAHAL-MAHALNYA! Pret.

Karena masalah biaya ini—dan pastinya melakukan panggilan tanpa diketahui ortu—maka panggilan telpon diusahakan sesingkat mungkin. Begini percakapan kalo pas bisa on air:

Penyiar:”Halo radio X.. Siapa nih?”
Gw: “Sandy di Tulungagung”
Penyiar: “Hey apa kabar? Gimana Tulungagung sana?”
Gw: “Baik. Mas/mbak request dong: lagu ini dari si anu”
Penyiar:”Waaah. Pilihan lagunya oke. Lagunya buat siapa? Mau kirim salam?
Gw:”Buat saya sendiri aja. Makasih ya!” *tutup telpon*

Anjis. Kirim salam buat diri sendiri. Forever alone abis nyet. Hahaha.

Tapi deg-degan itu kalo pas udah jingle radio trus kita telpon dengan harapan langsung on air ternyata…..ada iklan lagi. Jadi di hold sama penyiarnya. Mau request off air kok sayang masuknya susah, tapi mau on air nunggunya lama sedangkan pulsa jalan terus.

*urek-urek tanah*

Tapi akhirnya gw jadi penelpon reguler di situ dan pas kuliah di Malang, kan rute dari kampung ke Malang ngelewatin studio radio itu, mampirlah gw. Sambutan penyiar langganan gw pas pertama ketemu: “Wah, kamu anaknya putih cakep ternyata. Kirain yang item dekil. Hihihi.” Sialan. Mentang-mentang anak kampung.

Tapi sempet berhenti juga telpon-telponan gitu karena tagihan telpon bengkak dan tagihannya dicetak. Isinya nomer telpon Wlingi semua. Hahahha.

Ya begitulah. Perjuangan bocah dari kota kecil yang ingin selalu eksis. Perjuangan anak culun yang ingin mendengarkan lagu Top 40 kesukaannya. Kalo anak sekarang mah udah jarang request kali ya. Cari lagu udah gampang. Kalopun request juga mudah tinggal mention di Twitter.

Hayo, siapa yang punya pengalaman sama kayak gw? =))

7 comments

  1. Salam kenal Sandy,
    Saya juga mengalami nelpon ke radio buat kirim lagu. Dan juga sempat beli kupon dan kirim lagu lewat kartu pos ke radionya. *bakar katepe*

    1. Salam kenal juga. Eh iyaaa! Pernah mengalami request pake kartu pos juga. Trus kadang kartu posnya dihias sebagus mungkin….padahal gak kelihatan juga di radio. *buka aib*

  2. hahaha kalo gue doyannya request di AMKM (Anda meminta, kami menyiarkan) dengan suara penyiarnya yang ‘berat’ banget seperti bapak2 ama emak2 bawain acara radio dan yang paling parah penyiarnya masih menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD….

    tagihan telpon buat nelpon radio sich gak gitu bengkak, bengkak an pas penasaran nelpon 0-800- si cantik…hahaha You know lah…

    1. Kan interlokal.

      Eh tapi, sempet dimarahin bokap nyokap juga gara2 tagihan bengkak karena telpon ke 0-809-xxx-xxx :))

  3. salkomsel, salam kompak selalu … soal request2, ada 1 nama yg gua ingat saking sering denger … ati cancer … gk di kampung, gk di kota, banyak yg pake tuh nama kl request

  4. gue juga sempat ngerasain. Wktu itu jd penyiar ala2 di kota pontianak, khusus acara rikues. Jualin kartu rikues seharga 1000 rupiah per lembar. Dan banyak aja gitu yang beli. Berhubung kartunya kecil tapi tujuannya banyak, jadi kertasnya diisi bolak balik. :D

  5. Pengalaman km gak bda jauh ama pgalaman gw.
    Gw ntu kalo lg bosen fb-an atw twiteran yah gw sh niatnya pgn ol n repuest lg plus mebls salam2 dr tman2 gw d radio hp gw. Gw kn pnya hp 2. Yg 1 untk dgr rdio yg 1 lg bwt nlpn. Tau nga gw it brusaha keras bgt mw gbung acrnya dr jam 8-10 gw it gx masuk2… Pgn rasanya gw lemparkn nh hp. Gra2 sambungan tlpnnya lelet bgt! Ih..
    Hbisnya acra it aq sgt kecewa dgn keadaan. Krna tiap x acra request via tlpnan gw apes mulu. Kalo sms gx pernh d ptrin lagu yg aq pinta.. Emg sh aq udh pnya lgu2 ksukaanku. Tp aq pgn memperdgarknnya ama tman2 monitor… Sampai akhrnya aq it lelah.n jg jempol trasa penat gra2 mw nlpnin radio. Radio it kdg menjengkelkn kdg jga mengasikan…. Smpai skg gw msh aktif jd monitor radio. Hbs makin hri makin byk aja yg salam ama gw. Kalo gw gak blz ntar gw d sangkain sombong..
    Smpai detik ini gw it msh mcri2 cara agar nlpn it sambungannya lbh cpet. Gx slalu lelet kyk koneksi internet t-sel.
    Sumpah ya tiap x gw brusaha mw nlpn ! Perasaan gw pnuh harapan n deg2-kn pgn ngmg ama penyiarnya. Hbs pnyiarnya kyknya kren sh..dr suaranya yg halus n lucu gokil jga.. Gw ngfans ama dy.

    Nlpn radio it emg byk cobaan. N hrz menangung kesabaran krna gx bsa masuk2. >.< hahaha lol

Leave a comment